CPU Super Jadul 100.000 Rupiah :v


Yay, post baru setelah 3 bulan. Karena lagi suka build pc, jadi pada kesempatan kali ini saya juga bakalan posting tentang building pc (lagi). Setelah selesai dengan build Core 2 Duo jadul kemarin, yang setelah saya upgrade GPUnya dengan Nvidia yang lumayan yahud (GTX 750 Ti) ternyata pc itu dapat dengan lancar menjalankan game-game keluaran baru (2016), benchmarknya nanti saya upload lain waktu.

Pada tulisan kali ini saya bakal membahas build yang lebih jadul lagi. Merakit pc socket 478. :v lel. Processor, ram dan lan card dari komputer pertama saya, yang saya beli ketika jaman SMA dulu (2007) ternyata masih ada, saya simpan karena mobonya mati. Mengingat itu adalah processor celeron socket 478 dan masih pakai DDR1, saya sebenarnya tidak berharap banyak. Tapi dari pada berdebu nggak kepake, kenapa enggak di rakit lagi aja? :3

Akhirnya saya mendapatkan paket 478 dengan harga rongsok. Dengan dana Rp. 70.000,00 saya mendapat paket mobo + procie (jadi punya 2) + vga card + harddisk + heatsink.

msi-845pe-max-intel-socket-478-mainboard-020813-tailk-1308-02-tailk@3

MSI 845PE Max

Mobo : https://www.msi.com/Motherboard/845PE_Max.html#hero-overview 

Processor : Pentium 4 2.4Ghz Socket 478

Vga Card : Nvidia Vanta 16MB LOL

Hard Disk : 40 GB

Heatsink : Intel

Ram 512 MB dan Power Supply gratis karena saya ambil dari gudang. Terakhir saya beli casing bekas rasa kaleng seharga Rp. 30.000,00

Total build : Rp. 100.000,00 :v

Pertama kali dinyalakan ternyata nggak mau booting. :v Tetapi setelah saya utak-atik dan bongkar pasang nggak jelas akhirnya mau booting juga dan bisa saya instal Windows XP 32bit, Microsoft Office 2007 dan beberapa aplikasi lain. Lumayan lah bisa buat ngetik dan main Zuma. :v

Sekian post kali ini. Bye~

Tinggalkan Balasan

